Plt. Dirjen Bimas Kristen Membuka FGD Pembinaan Keluarga Bahagia Sejahtera PDF Print E-mail
Written by Administrator   
Friday, 11 November 2016 14:06

Jakarta, DBK - Pada tanggal 11 November 2016 Plt. Direktur Jenderal Bimas Kristen berkenan membuka Focus Group Discussion (FGD) tentang Pembinaan Keluarga Bahagia Sejahtera. Pertemuan FGD yang berlangsung di Hotel Feodora Jakarta ini dihadiri oleh para utusan dari Lembaga Gereja Aras Nasional, serta gereja-gereja. Pertemuan ini diselenggarakan untuk menghasilkan Petunjuk Teknis Pembinaan Keluarga Bahagia dan Sejahtera yang akan dijadikan acuan bagi umat Kristen dalam membentuk dan membina kehidupan berkeluarga.

Pembangunan agama sebagai bagian integral dari pembangunan nasional merupakan pengamalan sila Ketuhanan Yang Maha Esa. Dengan demikian, agama menjadi landasan moral dan etika dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Pemahaman dan pengamalan agama secara benar diharapkan dapat mendukung terwujudnya manusia Indonesia yang religius, demokratis, mandiri, berkualitas sehat jasmani-rohani, serta tercukupi kebutuhan material-spiritiual.

Keluarga sebagai bagian pranata sosial di masyarakat yang terbentuk melalui perkawinan, memiliki berbagai fungsi antara lain fungsi pendidikan dan ketahanan  masyarakat. Perubahan stuktur sosial keluarga, renggangnya komunikasi antar anggota keluarga serta kemajuan teknologi untuk itu diperlukan usaha bersama (pemerintah, masyarakat dan lembaga sosial keagamaan) untuk membangun ketahanan keluarga dengan mewujudkan Keluarga Yang Bahagia dan Sejahtera.

Dalam kaitan ini, Kementerian Agama mendorong upaya penguatan lembaga keluarga sebagai benteng pertahanan. Beberapa kegiatan (penelitian dan pengembangan) yang telah dilakukan Badan Litbang dan Diklat dalam rangka penguatan lembaga keluarga adalah sebagai berikut: 1. Penelitian Keluarga Harmoni dalam Perspektif Agama-agama (2012); 2. Penelitian Nikah di Bawah Umur dan Nikah tidak Tercatat (2013); 3. Penelitian Cerai Gugat (2015); 4. Penyusunan Modul Keluarga Sakinah Perpspektif Kesetaraan (2012); 5. Penyusunan Modul Penanganan KDRT (2013); 6. Penyusunan Modul Bimbingan Perkawinan (sedang dalam proses). Sehingga pada kesempatan ini Plt. Direktur Jenderal Bimas Kristen menyambut baik dan mengapresiasi pelaksanaan Focus Group Discussion (FGD) tentang Pembinaan Keluarga Bahagia Sejahtera dengan harapan agar apa yang dihasilkan dalam pertemuan ini dapat bergunan bagi pembangunan manusia Indonesia yang religius, demokratis, mandiri, berkualitas, sehat jasmani dan rohani melalui keluarga. (TP)


Last Updated on Friday, 11 November 2016 14:56