RAKERNAS KEMENTERIAN AGAMA RI TAHUN 2017 PDF Print E-mail
Written by torus   
Sunday, 26 February 2017 00:00

JAKARTA – DBK, Minggu, 26 Februari 2017 bertempat di Hotel Mercure Ancol Jakarta, Menteri Agama RI Lukman Hakim Saifuddin membuka Rakernas Kementerian Agama RI Tahun 2017. Dalam arahan dan sambutannya, Menteri Agama menekankan misi Kementerian Agama dalam lima tahun adalah bagaimana mengembalikan agama pada esensi dan substansi yang sesungguhnya. Untuk itu Menteri Agama mengajak kepada seluruh pejabat dan pimpinan ASN di lingkungan Kementerian Agama untuk selalu membicarakan, mengedepankan, mengembangkan, dan menekankan pada dua hal penting, terkait misi tersebut, yaitu:

  1. Memaknai agama dalam konteks universal, yaitu ajaran atau nilai-nilai yang pada hakekatnya mengajak diri kita sendiri dan orang lain untuk berkemampuan dan berkemauan memanusiakan sesama kita. Ditengah globalisasi yang sarat dengan kompetisi Menteri Agama menghimbau agar agama di Indonesia jangan sampai dibajak, direduksi nilai-nilainya, diperkecil dan dipersempit pemaknaannya. Agama pada hakekatnya adalah memberi bukan mengutamakan diri sendiri atau menuntut dari orang lain. “Tangan di atas lebih baik daripada tangan di bawah”sambungnya.
  2. Memaknai agama dalam konteks Indonesia, yaitu menjaga, memelihara, merawat agama sebagai sesuatu yang mampu merajut, menjalin, dan merangkai kemajemukan kita sebagai bangsa yang dikenal religius dan agamis yang tidak memisahkan nilai-nilai agama dalam ikut menata dan mengatur kehidupan kita bersama, sehingga sebagai sebuah bangsa kita tetap terjaga dalam persatuan dan kesatuan.

Di akhir sambutannya Menteri Agama memberikan apresiasi berupa anugerah kerukunan umat beragama (Harmony Award) bagi Gubernur dan Bupati/Walikota yang ikut memberikan dukungan pada program peningkatan dan penguatan kualitas kerukunan umat beragama di seluruh wilayah Indonesia. Adapun Gubernur dan Bupati/Walikota yang terpilih adalah:

Kategori Gubernur

  1. Gubernur Prov. Papua
  2. Gubernur Prov. Kalimanatan Tengah
  3. Gubernur Prov. Kepulauan Riau

Kategori Bupati/Walikota

  1. Bupati Jayapura
  2. Bupati Purwakarta
  3. Walikota Tomohon
  4. Bupati Tabanan
  5. Bupati Banyuwangi
  6. Walikota Sungai Penuh
  7. Bupati Alor

Last Updated on Wednesday, 01 March 2017 11:14