Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner

TOTAL PENGAKSES

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari Ini103
mod_vvisit_counterHari Kemarin314
mod_vvisit_counterMinggu Ini103
mod_vvisit_counterMinggu Kemarin2923
mod_vvisit_counterBulan Ini9481
mod_vvisit_counterBulan Kemarin18570
mod_vvisit_counterTotal Pengakses1235043

Konsultasi Dengan Para Musisi Kristen Se-Indonesia Tahun 2012 PDF Print
Written by Roynardo Tambunan & Ribka   
Thursday, 31 May 2012 14:41

Bogor, DBK-Dalam rangka mendukung penyelenggaraan PESPARAWI Nasional X, Ditjen Bimas Kristen melalui Subdit Budaya Keagamaan mengadakan kegiatan konsultasi dengan para musisi Kristen se-Indonesia, di hotel Santo Djaya, Cisarua, Bogor, tanggal 28-30 Mei 2012. Konsultasi diikuti 122 orang peserta, terdiri atas musisi Kristen dari setiap Propinsi dan para juri PESPARAWI Nasional X.

Acara konsultasi dibuka oleh Direktur Urusan Agama Kristen, Bapak Edison Pasaribu. Dalam sambutannya, Bapak Direktur menekankan pentingnya peranan musisi (dirigen dan pianis) dalam peribadatan umat Kristen, khususnya pada pelaksanaan PESPARAWI Nasional X. PESPARAWI mampu menggalang rasa persaudaraan dan kebersamaan umat, dan memperteguh rasa persatuan dan kesatuan bangsa. Selain itu, melalui PESPARAWI diharapkan dapat menghasilkan lagu-lagu baru yang berkualitas dan dapat digunakan dalam peribadatan umat sehari-hari.

 

Penyelenggaraan PESPARAWI akan berkualitas apabila para musisinya memiliki kualitas. Konsultasi ini bertujuan meningkatkan kualitas musisi dalam persiapan kontingen PESPARAWI Nasional X. Pembicara dalam konsultasi ini, antara lain: dosen musik dari Universitas Negeri Manado, DR. Perry Rumengan, M.Sn, dan dosen dari Universitas Sumatera Utara, Prof. Dr. Mauly Purba. Materi yang dibawakan, yaitu “Postur, gesture, bentuk dan gaya gerak konduktor dalam mengekspresikan interpretasi berdasarkan bentuk dan sistem pemberdayaan elemen musikal” dan “Elemen musikal yang perlu diperhatikan dalam konteks penyusunan komposisi musik paduan suara yang inkulturatif.