Hadiri Natal Oikumene Notaris Indonesia, Dirjen Ajak Notaris Indonesia Membantu Layanan Agama, Pendidikan Agama dan Pendidikan Keagamaan

Rabu, 18 Januari 2023, 14:20:43 WIB

DBK, (Jakarta) -- Dirjen Bimas Kristen Dr. Jeane Marie Tulung, S.Th, M.Pd hadiri Perayaan Natal Oikumene Notaris Indonesia. Acara tersebut dilaksanakan di XXI The Longe Ciputra Word Surabaya pada Sabtu (14/01/2023).

Perayaan Natal dikemas dalam bentuk Ibadah dengan menampilkan puji-pujian yang kemudian dilanjutkan oleh pemberitaan Firman Tuhan oleh Romo Yustinus Ardianto Pr, dan penyampaian pesan Natal oleh Pdt. Stefanus Suwarno.

Pada perayaan Natal tersebut Dirjen Bimas Kristen turut memberikan sambutan. Dalam sambutannya Dirjen menyampaikan pandangan bahwa Oikoumene Notaris Indonesia merupakan kelompok strategis yang dimiliki bangsa dan negara Indonesia. Oleh sebab itu adalah tepat jika Dirjen menitipkan pesan tentang peran agama dan profesi kenotariatan sebagai pilar penting peradaban bangsa ini dalam kerangka menjaga kedamaian, kerukunan, kerjasama, toleransi dan moderasi beragama.

Sebagai sebuah Institusi Pemerintahan, Ditjen Bimas Kristen memiliki mandat untuk memberikan layanan tebaik bagi umat Kristen di seluruh penjuru Indonesia. Layanan urusan agama Kristen, pendidikan agama dan pendidikan keagamaan. Di dalam memberikan layanan urusan agama Kristen, telah ribuan bangunan gereja didirikan dan akan terus bertambah diseluruh pelosok Republik ini. Di dalam bidang Pendidikan Agama dan Pendidikan Keagamaan Kristen, telah dibangun dan akan terus dibangun lembaga Pendidikan keagamaan Kristen dari jenjang pendidikan anak usia dini hingga perguruan tinggi di seluruh penjuru tanah air. Belum lagi yayasan, organisasi sosial, organisasi kepemudaan, organisasi kemahasiswaan, sinode, rumah sakit, lembaga swadaya masyarakat, dan berbagai institusi yang dibentuk seiring dan selaras untuk usaha memberi layanan terbaik untuk umat Kristiani.

Dirjen berpesan kepada para Notaris Kristen yang ada di Indonesia agar dapat membantu berbagai institusi tersebut, terutama aset tanah dan bangunan di atasnya, juga pengesahan lembaganya agar tertata dengan patut dan berjalan sesuai dengan hukum yang berlaku.

“Mohon dikabarkan kepada semua notaris Kristen lain, agar bahu membahu dengan notaris agama lain, supaya membantu layanan agama, pendidikan agama dan pendidikan keagamaan agar dapat menjadi pilar penting, dimana legasinya dapat dibanggakan oleh generasi penerus,” Ucap Dirjen.

Identitas notaris Kristen, sebagaimana identitas umat Kristiani pada umumnya, hendaknya menjadi garam dan terang bagi dunia melalui profesi yang ada. Garam tidak saja memberi rasa yang membangkitkan selera, tetapi juga menjadi bahan pengawet yang menahan proses pembusukan. Sementara terang berarti memberi pencerdasan, inspirasi, kedamaian, pesan cinta kasih pada saat yang sama mencegah dunia yang menuju kegelapan, konflik dan kerusuhan.

Mengambil metafora garam dan terang itu, Dirjen berharap agar para notaris Kristen diseluruh Indonesia turut aktif membersamai layanan Ditjen Bimas Kristen dalam menumbuhkembangkan kerukunan dengan mencegah kericuhan, memihak pada harmoni, menghindari konflik, menekankan pada kedamaian, memberi kabar gembira, membalut luka dengan cinta kasih, membalas kejahatan dengan kebaikan, dan menggalakkan kerjasama.

 -----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Penulis : Istimewa

Berita Terkait