Ditjen Bimas Kristen Gelar Ibadah Menyambut Natal Tahun 2023

Kamis, 14 Desember 2023, 17:10:26 WIB

Bandung (DBK)---Bimbingan mental dan spiritual bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) Ditjen Bimas Kristen (DBK) bermanfaat membangun kebersamaan, kekompakkan dan kesamaan persepsi melaksanakan pelayanan kepada masyarakat mengacu pada program strategis Kemenag yang diturunkan menjadi Program Strategis Ditjen Bimas Kristen. Hal ini disampaikan oleh Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Kristen Jeane Marie Tulung dalam sambutannya yang dibacakan oleh Sekretaris Ditjen Bimas Kristen Johni Tilaar, pada kegiatan Pembinaan Mental Spiritual Aparatur Sipil Negara dan Jajarannya dalam Mengimplementasikan Nilai-nilai Kekristenan, di Bandung, Rabu, (13/12/2023). 

Menurut Tilaar, kegiatan Pembinaan Mental dan Spiritual ASN DBK yang dirangkaikan dengan Ibadah Menyambut Natal Yesus Kristus ini tidak hanya meriah dari sisi ritual dan seremonial, tapi dapat menumbuhkan semangat demi optimalnya pelayanan ASN DBK.

"Perayaan Menyambut Natal harus juga dimaknai umat Kristiani sebagai momentum untuk menghayati dan bersyukur atas kelahiran Juru Selamat di tengah dunia, sekaligus momen berintrospeksi atas semua yang telah dilakukan dalam menjalani kehidupan,” jelasnya.

Tilaar menambahkan tema natal tahun ini diambil dari Lukas 2:14, mengingatkan kebesaran Allah yang tak terukur dan kasihnya melalui palungan. “Sebagai ASN mari kita wujudkan kasih Allah melalui dedikasi kita melayani umat dengan ketulusan dan kesungguhan,’’ pungkasnya.

Dalam renungan natal oleh Pdt. Bambang Jonan mengutip pembacaan Alkitab dari Injil Lukas 2:13-14 mengatakan bahwa tugas gembala mengalami perubahan saat Yesus datang 2000 tahun lalu. “Alkitab mencatat bahwa Tuhan datang bukan sebagai tukang jagal untuk mengorbankan dombanya, tetapi dia mempersembahkan tubuhnya bagi dombanya,” jelas Pendeta Jonan.

“Siapakah yang dimaksudkan Kristus sebagai Gembala? Gembala adalah pribadi yang mengasihi Tuhan dan bukti kita mengasihi Tuhan adalah memberi makan domba-dombaNya, bukan hanya orang kaya dan pemerintah tapi kita semua, sesuai kemampuan dan talenta masing masing,”tukasnya.

Turut hadir pada acara ini seluruh Jajaran ASN Ditjen BImas Kristen Pusat, ASN Bimas Kristen Jawa Barat, Pimpinan Aras Gereja, dan Dharma Wanita Persatuan Ditjen Bimas Kristen. (EVG)

Berita Terkait