Wamenag: "Pelayanan yang Masih Manual, Lambat, Berbelit, dan Berbiaya Mahal, Harus Ditinggalkan"
Kamis, 24 Maret 2022, 12:10:47 WIB
Bogor, (DBK) – Dalam rangka pelaksaan program dan kegiatan Ditjen Bimas Kristen Tahun 2022, Ditjen Bimas Kristen perlu meningkatkan kinerja dalam pelayanan kepada masyarakat sebagai umat beragama dengan efektif dan efisien dan akuntabel.
“Percepatan Layanan Umat Kristen” dijadikan sebagai Tema Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Pejabat Bimbingan Masyarakat Kristen Pusat dan Daerah Tahun 2022 yang diselenggarakan tanggal 23 – 26 Maret 2022.
Rakernas di Bigland Hotel Bogor, Jawa Barat ini mengundang seluruh Pejabat Es. II, III dan IV Ditjen Bimas Kristen Pusat dan Daerah, Rektor/Ketua 7 Perguruan Tinggi Keagamaan Kristen Negeri (PTKKN) beserta Kepala Biro di 7 PTKKN dan Lembaga Pengembangan PESPARAWI Nasional (LPPN).
“Kegiatan Rakernas ini dijadikan sebagai wadah untuk melaksanakan evaluasi atas tugas dan fungsi Ditjen Bimas Kristen di tahun sebelumnya, serta menyusun rekomendasi berupa langkah-langkah strategis dalam menyelesaikan kendala untuk menjawab tantangan di masa yang akan datang,” terang Plt. Dirjen Bimas Kristen Dr. Pontus Sitorus, S.Pak, M.Si saat menyampaikan laporan kegiatan.
“Selain itu, kegiatan ini juga merupakan alat untuk menyatukan konsepsi dan persepsi tentang pandangan program Ditjen Bimas Kristen sesuai dengan Rakernas Kemenag RI,” tambahnya.
Lebih lanjut Plt. Dirjen mengatakan, dalam rangka menghadapi tantangan perubahan, baik dari dalam maupun dari luar, Ditjen Bimas Kristen dituntut mampu membangun inovasi dan semangat baru dalam upaya percepatan transformasi layanan umat.
Wakil Menteri Agama (Wamenag) Zainut Tauhid Sa'adi yang hadir secara langsung, mendorong seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat (Ditjen Bimas) Kristen terus melakukan inovasi untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat. Menurutnya, transformasi digital adalah keharusan.
“Peningkatan kualitas layanan umat merupakan salah satu fokus kerja Kementerian Agama sebagaimana amanat Reformasi Birokrasi, oleh karena itu, ke depan, layanan umat harus semakin sederhana dan kompetitif,” kata Wamen.
"Direktorat Jenderal Bimas Kristen perlu terus berbenah. Prestasi yang telah diraih harus dipertahankan dan perlu terus berinovasi sebagai bagian arak-arakan untuk mewujudkan Kementerian Agama yang lebih baik," tambahnya.
Untuk itu, lanjut Wamenag, guna menyukseskan upaya peningkatan kualitas pelayanan yang lebih baik, diperlukan sinergi antar masyarakat dan pemerintah.
Bagi Wamenag, peran masyarakat penting dalam mendorong peningkatan kualitas pelayanan publik. Hal ini disebabkan, masyarakat melalui fungsi kontrol dan aspirasinya, dapat memberikan respon dan masukan guna memotivasi perbaikan dan inovasi yang terus-menerus.
"Pelayanan yang masih bersifat manual, lambat, berbelit, dan berbiaya mahal, harus ditinggalkan. Sebab, transformasi digital di semua lini birokrasi akan meniscayakan pelayanan yang mudah dan murah. Transformasi digital adalah keharusan," tegas Zainut Tauhid.
Zainut Tauhid menjelaskan bahwa sehebat apapun kemampuan Sumber Daya Manusia (SDM) tanpa didukung oleh sistem pelayanan publik yang baik dan penyajian data yang akurat, mudah, murah, dan terbuka, maka akan terjadi kerancuan, bahkan kekacauan.
"Selain peningkatan kualitas SDM, inovasi pelayanan melalui teknologi digital, penggunaan anggaran yang tepat sasaran dan tepat guna juga menjadi pokok perhatian," jelas Zainut Tauhid.
"Saya berharap Rakernas Pejabat Bimas Kristen Pusat dan Daerah Tahun 2022 ini dapat menghasilkan kemajuan-kemajuan yang signifikan bagi pelayanan umat," tutup Wamenag.
-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Sumber : -
Penulis : Gloria de Fretes
Editor : Harryson Eddy
Fotografer : Gloria de Fretes/Harryson Eddy
Berita Terkait
- Pemimpin Gereja Aras Nasional Dukung Kemenag Tanam 1 Juta Pohon Matoa
- Bimas Kristen Matangkan Persiapan Menuju Gerakan Penanaman 1 Juta Pohon Matoa
- Halal Bihalal Kemenag, Merajut Silaturahim Wujudkan Kerukunan dan Cinta Kemanusiaan
- Haji Iskandar dari Alor NTT Hibahkan Tanah untuk Pembangunan Sekolah Kristen, Wujud Nyata Toleransi Beragama
- Menag Nasaruddin Umar “Keberhasilan Bimas Kristen Diukur dari Kedekatan Umat dengan Agamanya”
Berita Terpopuler

Penerimaan Mahasiswa/i Baru IAKN Tarutung
Dibaca: 3843 kali

Seleksi Nasional PMB Tahun Akademik 2019/2020
Dibaca: 3603 kali

Menteri Agama Melantik Sejumlah Pejabat di Lingkungan Kemenag
Dibaca: 1689 kali

Perpanjangan Jadwal Pendaftaran CPNS Kementerian Agama Tahun 2018
Dibaca: 1637 kali
