Ombudsman Lakukan Penilaian Kepatuhan Pelayanan Publik pada Ditjen Bimas Kristen
Rabu, 04 September 2024, 17:03:10 WIB

Jakarta, (DBK) – Dalam rangka pengawasan penyelenggaraan peningkatan pelayanan publik yang diselenggarakan oleh penyelenggara negara dan pemerintahan, Ombudsman setiap tahunnya selalu melakukan kunjungan evaluasi ke masing-masing Kementerian/Lembaga.
Hari ini, Rabu (04/09/2024), tim penilai Ombudsman berkunjung ke Gedung Kementerian Agama, Jl. M.H. Thamrin No. 6, tepatnya di kantor Ditjen Bimas Kristen untuk melakukan penilaian penyelenggaraan kepatuhan pelayanan publik, khususnya pada unit Direktorat Pendidikan Kristen.
“Penilaian kepatuhan penyelenggara negara terhadap regulasi pelayanan publik adalah bagian pencegahan penyelewengan administrasi yang menjadi peran penting kita sebagai pelayan publik,” kata Rangga (salah satu tim penilai).
“Selain itu, ada penyelesaian laporan atau aduan masyarakat yang secara profesional harus segera dimitigasi oleh lembaga pelayanan publik, dan Ombudsman yang memiliki peran untuk melakukan perencanaan pengawasan penyelenggaraan pelayanan publik, baik bagi lembaga perencana maupun lembaga pengawas pelayanan publik itu sendiri harus memastikan bahwa seluruh pelayanan publik telah terlaksana dengan baik,” tambahnya.
Oleh karena itu, Rangga menerangkan bahwa layanan Pendidikan yang merupakan salah satu layanan utama di Ditjen Bimas Kristen (selain bidang urusan agama) akan menjadi lokus utama penilaian penyelenggaraan kepatuhan pelayanan publik tahun 2024 ini.
Menyambut pernyataan tersebut, Sekretaris Ditjen Bimas Kristen Johni Tilaar yang hadir mewakili Dirjen menyampaikan bahwa penilaian terhadap pelayanan publik yang telah dilakukan oleh Ditjen Bimas Kristen sangat penting untuk dilakukan.
“Kami menyambut baik kehadiran Bapak/Ibu di Ditjen Bimas Kristen untuk melakukan penilaian terhadap penyelenggaraan kepatuhan pelayanan publik, khususnya di bidang Pendidikan Kristen,” ucap Johni.
“Semoga melalui penilaian yang dilakukan ini, dapat memicu kami untuk semakin baik dalam melakukan pelayanan publik di kemudian hari, bukan hanya di bidang Pendidikan, tapi juga di bidang urusan agama ataupun layanan administrasi lainnya,” tukas Johni.
Berita Terkait
- Pemimpin Gereja Aras Nasional Dukung Kemenag Tanam 1 Juta Pohon Matoa
- Bimas Kristen Matangkan Persiapan Menuju Gerakan Penanaman 1 Juta Pohon Matoa
- Halal Bihalal Kemenag, Merajut Silaturahim Wujudkan Kerukunan dan Cinta Kemanusiaan
- Haji Iskandar dari Alor NTT Hibahkan Tanah untuk Pembangunan Sekolah Kristen, Wujud Nyata Toleransi Beragama
- Menag Nasaruddin Umar “Keberhasilan Bimas Kristen Diukur dari Kedekatan Umat dengan Agamanya”
Berita Terpopuler

Penerimaan Mahasiswa/i Baru IAKN Tarutung
Dibaca: 3843 kali

Seleksi Nasional PMB Tahun Akademik 2019/2020
Dibaca: 3603 kali

Menteri Agama Melantik Sejumlah Pejabat di Lingkungan Kemenag
Dibaca: 1689 kali

Perpanjangan Jadwal Pendaftaran CPNS Kementerian Agama Tahun 2018
Dibaca: 1637 kali
